05 Juni 2008

Nama yang Baik

Jika ada sebuah ungkapan "Nama yang Baik", yang muncul dalam pikiran kita adalah memberikan sebuah nama harus baik. Ini biasanya dilakukan oleh hampir semua orang tua terhadap anaknya. Bahkan sebelum anaknya terlahir kedunia sudah mencari sebuah nama yang baik untuk diberikan kepada buah hatinya itu.

Kebiasaan di atas tidaklah jelek, karena memang nama akan selalu dibawa oleh yang empunya. Masalahnya adalah apakah cukup "Nama yang Baik" ini hanya diperuntukan saat-saat menunggu jabang bayi lahir kedunia?. Apakah cukup dengan nama yang baik akan membawa prilaku baik dikemudian hari?.

Jika hubungannya dengan prilaku, maka nama yang baik tidak hanya milik si jabang bayi saja tetapi nama yang baik harus selalu melekat dalam diri seseorang. Dengan membawa nama yang baik orang akan selalu ingat akan kebaikan kita, bahkan setelah meninggal pun kebaikannya sulit untuk dilupakan.

Saat melamar pekerjaan, saat test, dan saat interview biasanya semua orang akan berprilaku baik tetapi tidak sedikit saat dia resign dari perusahaan tempatnya bekerja melakukan prilaku yang tidak baik. Banyak masalah yang melatar belakangi kebiasaan ini, mulai dari hubungan yang tidak harmonis dengan atasannya atau karena rasa kecewa atas prestasi kerja yang tak pernah membaik.

Akan lebih baik jika dalam kondisi apa pun kita harus selalu menjaga "Nama yang Baik". Karena akan lebih baik bagi orang-orang yang akan resign dari tempatnya bekerja tetap menjaga hubungan dengan teman atau atasannya dengan baik. Akan lebih baik jika dia selalu berprilaku baik. Karena masa-masa itu akan selalu diingat oleh orang-orang yang akan ditinggalkannya. Apalah artinya jika prilaku tidak baik kita tonjolkan disaat itu, toh nantinya kita akan resign juga.

Prinsip untuk selalu menjaga "Nama yang Baik" adalah prinsip dasar yang harus kita jaga selamanya. Selama kita masih membutuhkan hubungan dengan banyak orang, selama kita masih membutuhkan tenaga mereka, dan selama kita masih sadar akan kekurangan diri kita tanpa orang-orang disekitar kita, disaat itulah kita harus selalu berprilaku baik.

Tidak ada komentar: