29 Mei 2008

Muslim Sejati Membawa Diri

Muslim sejati adalah muslim yang selalu berusaha untuk memperbaiki diri. Muslim yang tidak pernah bosan untuk belajar dalam mengarungi hidup. Muslim yang senantiasa istiqomah dalam menghadapi berbagai cobaan dan rintangan hidup. Muslim yang selalu membina dan bergaul dengan orang-orang sholeh. Muslim yang tidak pernah menghentikan tali silaturahim kepada keluarga, saudara, kerabat, teman, dan handai taulan. Muslim yang tak pernah lupa dengan kata syukur atas apa yang telah diperolehnya.

Pada era krisis multidimensi saat ini, sangat diperlukan kekuatan jiwa untuk menatap hidup ke depan. Sangat arif jika seorang muslim bisa ber-introspeksi diri tentang apa yang telah dilakukannya. Lakukanlah untuk diri sendiri segala perbaikan dan peningkatan yang masih terbuka untuk dilakukan. Apa yang telah kita lakukan untuk menyongsong persaingan hidup di era globalisasi saat ini. Apakah kita masih terbuai dengan berbagai macam tuntutan hak kepada atasan atau perusahaan tempat dimana kita bekerja. Bukankah hal ini mencerminkan penyembunyian diri bahwa kita sudah tidak dapat berbuat sesuatu.

Mari kita rubah paradigma lama tersebut, bukan tuntutan dan hak yang harus kita gaungkan tetapi ubahlah pribadi kita menjadi yang lebih baik dari sekarang. Ubahlah sesuatu yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu. Ubahlah sesuatu yang sebelumnya kita tidak bisa menjadi bisa. Ubahlah cara kerja anda menjadi lebih kreatif. Ubahlah produktivitas kerja anda menjadi lebih baik. Ubahlah cara hidup anda menjadi lebih hemat. Ubahlah cara bergaul anda menjadi lebih luas. Ubahlah wawasan dan cara berfikir anda jauh kedepan.

Apabila semua perubahan telah kita lakukan, istiqomah tetap dalam pegangan, bersyukur menjadi acuan, Insya Alloh hak yang menjadi tuntutan anda akan datang dengan sendirinya. Insya Alloh.

Tidak ada komentar: